Rabu, 03 Juni 2015

Hebatnya ilmu yang disalurkan : Sejarah Klasifikasi Maloklusi Angle

Malam ini saya belajar ortodonsia untuk persiapan ujian besok senin, dan buku yang saya baca dari perpustakaan adalah buku yang sangat tua, terbitan tahun 1958, A Text Book Of Orthodontia yang ditulis Dr. Strang.

Saat membaca bagian Klasifikasi Maloklusi Angle (Klasifikasi ini adalah klasifikasi paling hits sepanjang sejarah ortodonsia), saya malah penasaran dengan,

“waw, bahkan buku yang ditulis tahun 1958 pun punya ‘simbah’ yang dijadikan rujukan referensi”


Saya membuka preface dan foreword yang ditulis di awal buku, tertulis di pojok kanan bawah foreword ini nama Anna Hopskin Angle. Saya langsung berfikir bahwa hebat sekali kalau klasifikasi maloklusi maha ngehits ini diciptakan oleh seorang wanita. Saya langsung search nama ini di google, keluarlah sejarah wanita yang dijuluki “first women in orthodontia”.  Ternyata wanita ini sekolah di sebuah universitas yang bernama  Angle school of Orthodontia.

Berarti, dia bukan yang pertama.

Saya langsung mengganti kata kunci pencarian saya menjadi “Angle malocclusion history” dan keluar lah nama Dr. Edward H Angle.  Ternyata beliau ini lah yang menemukan klasifikasi Angle pada tahun 1890.

1890, ini berarti 125 tahun yang lalu. 125 tahun dan ilmu beliau masih sangat bermanfaat bagi seluruh dokter gigi dunia. Kalau istilahnya dalam Islam, Amal Jariyah Dr. Angle ini pasti sudah banyak sekali berkat ilmu yang terus menerus digunakan untuk kepentingan orang banyak selama 125 tahun dan masih akan terus bertambah.


Bisa ga ya, saya beramal sepeti Dr. Angle ini? Dengan menyampaikan ilmu yang kita punya.  Kalau kata dalil “Sampaikanlah walau satu ayat” . Mari semangat berbagi ;D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar