Kamis, 21 Mei 2015

Perjalanan Part 3 : Pulau menjangan

Hay gaeees.. Maaf buat super late post nyaaa...
Biasa sibuk ngoas, sibuk antar-jemput dan mbeliin makan pasien anak 

And here we go.. Destinasi terakhir yang sengaja dibuat sebagai ‘Gong’ adalah Pulau Menjangan. 

Daaaaan tadaaaaaa!! Kami semua benar-benar dibuat takjub dan bersyukur berkali-kali dapat kesempatan buat melihat hasil karya yang luar bisa dari Sang Pencipta.

Lihat airnya yang bening dan karang yang terlihat jelas dari atas

Pulau menjangan ini adalah tempat yang wajib banget kalian kunjungi paling enggak sekali sebelum mati, cantiknya luarrrr biasa. Struktur bawah laut di pulau ini berbentuk palung atau jurang laut yang memiliki kekayaan terumbu karang yang masih sangat rapat, beraneka jenis, dan diikuti pula oleh berbagai jenis ikan yang cantik. Ini menjadi tanda bahwa ekosostem laut disini masih terjaga dengan baik. Dan semoga terus baik sampai kapanpun..


Kami memulai perjalanan dari Pelabuhan Banyuwedang, Untuk mencapai sini kalian bisa melalui jalan besar yang menghubungkan Gilimanuk dan Singaraja. Dari pelabuhan Gilimanuk ambil jalan ke arah singaraja, Perjalanan sekitar ± 22 km. Pelabuhan banyuwedang terletak di kiri jalan. Kami menyewa boat dengan kapasitas maksimal 10 orang dan juga menyewa peralatan snorkel berupa snorkel mask, fin (kaki katak), dan life jacket.

Agak sulit menjelaskan rincian biaya yang kami habiskan disini. Karena kami dibantu oleh agen yang mengatur seluruh keperluan kami mulai dai penginapan, tiket masuk, asuransi, sewa kapal, guide, peralatan snorkel, makan siang, dll. Pokoknya setelah ditotal kami ber25 menghabiskan biaya  Rp. 4.100.000,- dengan penginapan seadanya dan kapal 2 unit.

Sewa Boat (max 10) : 550.000,-
Guide    (per boat)     : 150.000,-
Tiket masuk, sewa alat snorkel, parkir, asuransi, bilasan dll : ± 100 - 150rb/orang

Snorkel dimulai setelah naik boat selama ±15 menit, kami diturunkan di pinggiran pulau, jangan dibayangkan pinggiran pulau ini berupa pantai berpasir, pinggiran pulau ini strukturnya batu karang. dari pinggiran sini sudah banyak sekali ikan berbagai jenis dan warna yang bikin berdecak kagum. Semakin ketengah kita akan melihat dinding palung yang ditumbuhi terumbu karang dan juga dikerubung oleh ikan yang jauh lebih banyak lagi. Wonderfulllll!


Hello little fish, whats your name?

Nemo dan sahabat karibnya, anemon
Agak deg-degan juga sih waktu lagi asik bermain dengan ikan-ikan tiba2 kita berada tepat di atas palung yang super dalem. Tapi tenang, kita kan udah pakai life jacket ;)
Penampakan palung dari atas, maaf warna birunya terlalu mendominasi, keterbatasan kamera huhu

Palung (lagi) plus ikan-ikan yang di kamera keliatannya cuma kaya teri

Terumbu karang cantik yang tumbuh menempel di palung

Clam


Foto-foto diatas cuma sebagian kecil contoh pemandangan yang akan kalian dapatkan, percaya deh, kamera terbaik itu tetep kedua mata kita sendiri. So, tunggu apalagi, buruan kesini :D

Terkait:
Perjalanan ke Banyuwangi Part 1: Kawah Ijen
Perjalanan ke Banyuwangi Part 2: Taman Nasional Baluran
Perjalanan Backpacker nekat ke Lombok (Gili Trawangan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar