Senin, 20 April 2015

Perjalanan Ke Banyuwangi Part 1 : Kawah Ijen

Awalnya ide liburan ini tercetus dari grup jalan-jalan  ke Malang dulu (klik cerita lengkapnya disini). Rencana awal adalah ke kawah ijen dan TN Baluran. Kemudian muncul inisiatif tambah destinasi ke pulau menjangan sebagai pelengkap wisata bawah lautnya. Dari mulut-kemulut kita ajak temen2 lain yang minat, hingga pas peserta 26 orang yang H-1 batal ikut satu. Jadilah anggota liburan kali ini fix 25 orang. Semua informasi mengenai liburan kali ini kita dapat dari google, lagi-lagi thanks to teknologi dan para blogger yang mau berbagi informasi.

Kawah ijen

How to get there:
      Dengan pertimbangan peserta liburan yang banyak maka kami memutuskan untuk menyewa bus. Pilihan jatuh pada bus Panorama dengan harga setelah nego 1,9 juta perhari (kita total dihitung 4 hari = 7,6 juta). Harga ini include bensin, 2 driver dan satu crew. Ada dua pilihan untuk medium bus: 26 seat dan 31 seat, harganya dan ukuran bus sama.
Transportasi 1   : Bus Panorama Medium (26 seat)
Harga                : Rp. 7.600.000,-
Alamat kantor   : Jl. Laksda Adisucipto Km 9 Yogyakarta (dibelakang gudeg bu Tjitro, pas pertigaan bandara)
Web/ no. telp    :bus.jogjapanorama.co.id / (0274-488663)

Perjalanan dimulai Jumat, 17 April 2015, Kami berkumpul di area sekitar FKG UGM (depan SD percobaan) dengan pertimbangan banyak yang kosannya daerah sini. Bus berangkat dari jogja pukul 09.00 karena salah satu peserta (adek saya) ujian UTS dulu paginya. Lamanya perjalanan hingga Banyuwangi ini benar2 diluar prediksi. Rencana awal maksimal pukul 01.00 kita sudah sampai pos paltuding. Tapi ternyata kita baru sampai Ketapang (tempat dijemput jeep) pukul 02.00.
      Total lama perjalanan : 17 Jam (berhenti makan siang, sholat jumat, dan sholat magrib-isya dan makan malam)

Lamanya perjalanan mungkin disebabkan faktor jalan yang emang ramai, banyak berhenti (pak bus beberapa kali berhenti di tempat yang kita ga minta), atau bisa jadi emang kecepatan supirnya kurang.
Bus berhenti di pom bensin pelabuhan ketapang untuk kemudian kita oper ke jeep yang akan membawa ke pos paltuding (pos terakhir untuk parkir kendaraan di ijen).

Transportasi 2                     : Jeep Trooper
Harga Jeep ke Ijen              : 425.000/ Jeep x 5 jeep (harga didapat setelah nego karena memesan banyak jeep, harga normal 450.000 – 500.000/Jeep).
Nomor Telp / Kontak Jeep : 085204991435
Kapasitas            : Maksimal 6 orang. 7 orang bisa sih tapi desak2an banget. Waktu itu kita 5 orang/jeep (karna longgar kami bisa lanjut tidur dengan nyenyak sampai paltuding)

Lama perjalanan dari ketapang sampai paltuding 1 jam (38 km). Medan perjalanan sampai jambu masih lumayan baik walaupun ada beberapa lubang. Plang arah menuju kawah ijen jelas dan banyak. Setelah sampai pos Jambu jalan mulai menanjak, sempit (hanya cukup untuk 1 mobil, kalo papasan salah satu ada yang berhenti), dan beberapa titik jalan ada yang rusak.
      Menurut informasi yang saya dapatkan dari pos jambu ini hanya boleh jeep dan motor yang lewat, kalau anda menggunakan mobil pribadi bisa menggunakan alternative jalur via bondowoso yang jalannya sudah lebih halus.

Kami sampai di pos paltuding pukul 03.00, dan mulai naik pukul 04.30. Ini jelas bukan pilihan waktu yang baik karna kita ga bisa dapat blue fire, untuk dapat melihat blue fire maksimal jam 02.00 kita sudah mulai mendaki. Perjalanan bus yang lama tadi benar-benar merusak rencana :(
HTM kawah ijen : Rp.3000,- / orang
Parkir           : kurang tau berapa, karna kita tadi pake jeep trooper kita ga ditarik uang parkir lagi.
Pendakian    : 3 km lama perjalanan normal 1,5 jam. Tapi kita sampai dua jam, maklum lah, rombongan besar dan sebagian besar cewek.
Kita sampai di kawah setelah sunrise. Pemandangannya luar biasa indah, kawah berwarna hjau tosca dengan kepulan asap blerang di salah satu sisinya benar2 membuat lelah pendakian hilang begitu saja.

Ada yang membuat saya hampir menangis. Para penambang belerang yang mengambil belerang tepat di sumber kepulan asap di dekat kawah. Jangankan ke tengah kepulan asap, dari jarak yang jauh pun mata kita sudah perih dan nafas menjadi sesak saat asap terbang ke arah kita. Belum medan yang harus dilalui dari pos pengepulan hingga penambangan yang jauh dan menanjak. Tulang pundak para penambang belerang ini konon banyak yang menjadi berubah anatominya karena membawa puluhan kilogram belerang setiap harinya. Mencari uang benar-benar sesulit itu.

Beberapa penambang ada yang menjual souvenir dari belerang cair yang dicetak saat di lokasi penambangan. Bentuknya lucu2 ada kura-kura, kepiting, naga, kelinci, bahkan hello kitty dan Donald duck pun ada. Harganya sangat murah, hanya 1000 sampai 2500 per batang, yang besar banget dan ada tulisannya kawah ijen 10.000. Kalau kalian ke ijen tolong banget dibeli ya souvenirnya, selain belerang yang banyak manfaat kita juga sekalian berbagi rejeki buat mereka :)

RUNDOWN PERJALANAN DAN BIAYA (ITINERARY) KAWAH IJEN
JUMAT 17 APRIL 2015

Jam
Kegiatan
Keterangan
Estimasi Pengeluaran/orang
07.30
Berangkat dari Yogyakarta (Kumpul di Sekip )