Jumat, 24 April 2015

Perjalanan Ke Banyuwangi Part 2 : Taman Nasional Baluran

Kita mulai turun dari Kawah Ijen pukul 07.00 dan sampai pos paltuding lagi sekitar jam 8. Setelah mengurus pembayaran jeep kami diantar kembali ke pom bensin ketapang tempat kita dijemput semalam. Perjalanan pulang ini lebih jauh karena jalan awal ditutup karna ada lomba, kurang paham lomba apa. Kami sampai di Pom lagi jam 09.30 langsung mandi-mandi, sarapan dan masuk ke bis lagi jam 11.30.
     Perjalanan kami lanjutkan ke Taman Nasional Baluran yang letaknya sekitar 30 km dari sini. Pintu masuk TN ini sempit, bus kami nyaris ga bisa masuk, tapi karna supir yang handal maka bis kami berhasil masuk dengan mepet :p
Tiket masuk TN baluran ini beda harga untuk weekend dan weekdays. Kebetulan kami kesini pas weekend dan harga tiket adalah 15.000 perorang ditambah biaya parkir bus 50.000.
Pemandangan pertama yang disuguhkan saat melewati savanna bekol

Harga Tiket Masuk TN Baluran : weekend 15.000/orang
Parkir bus        : Rp. 50.000,-
Informasi tambahan : Parkir mobil biasa Rp. 10.000,-
Waktu Kunjung terbaik saat sunrise dan sunset (04.00-07.00) dan (15.00-18.00)
Karena hewan-hewan keluar cari makan ke savanna sekitar jam itu, dan sunrise nya pantai bama konon termasuk sunrise terbaik di negeri ini.

Jarak tempuh dari gerbang masuk ke savanna bekol jauh, belasan kilometer. Kalau kalian mengendarai kendaraaan umum bisa sewa motor yang ada di depan pintu masuk atau pesan dari rental-rental motor maupun mobil yang ada di banyuwangi.

Kami langsung menuju ujung, yaitu pantai bama yang berjarak 3 km dari savanna bekol. Pemandangan dari savanna bekol ke pantai bama ini luarrrr biasa. Justru hewan-hewan lebih banyak kami lihat saat perjalanan ini, ada kawanan rusa yang makan di daerah semak semak dan bawah pohon, lucunya saat kami melintas mereka langsung melihat ke arah kami dengan pose leher tegak dan telinga yang uik uik (baca: gerak gerak). Ada Banteng, ada rusa jomblo, ada kawanan monyet yang banyaaak banget sampe geli lihatnya.

Ada beberapa penginapan di Savana Bekol yang dapat di pesan, ada wisma Rusa yang berisi 7 kamar dan per kamarnya Rp. 150.000,- ,ada wisma Banteng yang berisi dua kamar, satu rumah Rp. 500.000,- untuk pemesanan penginapan bisa langsung ke kantor TN Baluran di (0333) 461936

Yang bikin takjub adalah ada kawanan merak jugaa. Ternyata merak bisa hidup di alam liar bukan di kebun binatang :’) . Apakah merak ini menjembrengkan ekornya? Oh jelas tidak. Anda orang yang super beruntung kalo bisa mendapatkan momen ini, karena seumur hidup bahkan di kebun binatangpun saya belum pernah lihat momen itu, sedih ya.

Pantai Bama. Kesan pertama: banyak sekali monyet. Kalian harus ekstra hati-hati sama barang bawaan kalian karna kalau tidak, ini yang akan terjadi:

Pantai ini di dominasi oleh tanaman mangrove, katanya bisa snorkelan juga disini, Hanya perlu berenang 100 meter dari bibir pantai, Tapi kami ga ada yang nyemplung karena mataharinya terik, waktunya juga terbatas karna mahgrib nanti sudah harus nyebrang ke bali. Setelah cukup berfoto-foto kami kembali ke savanna bekol untuk mengejar momen hewan-hewan cari makan. Dan Voilaaa!! Kami melihat kawanan besar banteng dan kawanan besar rusa di savanna yang sedang asik merumput. Aaaaaak super excited, kami buru2 turun dari bus untuk mencoba mendekat dan ambil foto. Tapi sayang, hewan-hewannya udah kaya seleb yang anti kamera, begitu kami turun dari bus, mereka perlahan semakin menjauh dan menghilang, huhu, maaf yaa mengganggu makan kalian.

Savanna Bekol dan beberapa hewan dari kejauhan

Gagal berfoto dengan hewan, maka kami asik selfie ditengah padang rumput super luas dan hijau ini. Green green and green everywhere. Asik banget buat ambil foto-foto lucu.

Sebelum pulang kami foto di tempat ikonik baluran, di tulang2 tulang banteng dan di pohon instagram. Kenapa namanya pohon instagram? Karena orang2 selalu upload foto pohon ini ke instagram ketika berkunjung ke Baluran. Ada bonus Rusa melintas deket pohon instagram ketika kami akan pulang.

Pohon Instagram
keluarga rusa
Daaah Rusa, banteng, merak, dan monyeeet