Rabu, 23 April 2014

mendaki gunung lawu via cemoro kandang

Let me tell you a story about mountain lawu.

Lawu adalah gunung kedua yang saya daki (setelah perdana di merbabu), waktu itu saya masih kelas dua SMA. Jalur yang dulu saya lewati adalah jalur yang paling mainstream, Cemoro Sewu. Jalur ini sukses membuat saya takjub sama pemandangan lautan lampunya, hujan meteornya, udara dinginnya dan warung Mbok Yem-nya. bahkan sampai sekarang pendakian itu masih saya nobatkan sebagai pendakian dengan pemandangan terindah.

Akhir- akhir ini anak telupapat sering  ngetwit kangen sama gunung, sama kebersamaan kita yang nyaris hilang dimakan kesibukan masing-masing. Banyak banget wacana yang dibuat, tapi buat ngewujudin satu aja susahnya minta ampun. Wacana paling kenceng adalah naik gunung bareng lagi. Awalnya sih banyak yang rencananya mau ikut, tapi karna beberapa alasan, yang tersisa tinggal aku, Cipuk, Fian, Henry, Adist, dan Latif (Yeaaay! kasi applause dulu buat para ahli wacana yang sukses menjalankan wacananya! :p ). H-1 aku coba ngajak temen KKn ku, Didit. dan ajaibnya dia langsung fix berangkat padahal diajak H-1 meeen (Yeay! kasi applause juga buat Didit!) *opo sih iki, kakean tepuk tangan*

7 manusia ini berangkat hari jumat 18 April jam 11.00 dari jogja, naik motor. Di Lawu ada tiga jalur pendakian : 1. Cemoro Sewu 2. Cemoro Kandang 3. Candi Cetho. Awalnya kita berniat lewat jalur Candi Cetho yang kata temen jalurnya bagus dan masih alami banget. Tapi dengan pertimbangan belum ada yang pernah, jalurnya sepi, penunjuk arah belum begitu jelas dan jalur ini terlalu panjang, kita putusin buat lewat Cemoro Kandang, karna kalo lewat Cemoro Sewu rata-rata udah pada pernah.

Basecamp Cemoro Kandang

Pendakian dimulai habis magrib, sekitar jam 18.00. Tempo perjalanan santai dengan beberapa kali istirahat. Jam 19.00 kita sampai di POS 1, Foto-foto bentar dan ngeliatin bintang yang bebas dari polusi cahaya, cakep maksimal :)
   Perjalanan kita lanjutkan, dari Pos 1-Pos2 tracknya lebih banyak nanjak dan pastinya lebih banyak istirahat. Disini banyak dahan-dahan yang mayungin jalan, mirip goa tapi dari dahan-dahan pohon. Aku berkali-kali bilang "eh, tak bilangin to, ini mesti kalo siang bagus banget"
Sayangnya disini juga kepalaku berkali-kali kejedug dahan yang lumayan bikin kliyengan. Sempat kepikiran juga sih, kecerdasanku berkurang ga ya :(

Jam 22.00 sampai di Pos 2, kita langsung menyantap nasi goreng yang dibeli sebelum naik tadi. Aaaa enak banget rasanya bisa makan nasi goreng di gunung (thanks buat tipsnya punto dan buat fian & adis yang udah nraktir :D ). Setelah kenyang dan cukup istirahat kita lanjut jalan lagi menuju Pos 3 buat mengakhiri perjalanan malam ini dan ngecamp.
Peta Jalur pendakian Cemoro kandang dan Cemoro Sewu
     Seperti yang bisa dilihat di peta jarak pos 2 ke pos 3 adalah jarak yang paling jauh. Dengan sisa-sisa tenaga dan semangat buat ngecamp kita paksa kaki buat melangkah dan terus melangkah, pokoknya jalan aja lah, ga tau masih jauh apa enggak. Sekitar jam 00.30 kita sampai di Pos 3, ternyata posnya penuh, udah banyak banget yang ndiriin dome disini. Naik dikit kita nemuin tanah yang agak lapang (anggep aja lapang) yang kita pilih buat ndiriin dome. Yaaa piye meneh, pos 4 masih jauh, udah malem, dan udah capek. Pewe ga pewe kudu ngedome neng kene!.

zzzzzz...zzzzzz...zzzz

View pagi hari dari Pos 3 tempat kita ngecamp

Selamat Pagiiiii!! Waaaa pemandangan bukit-bukit yang diterpa sinar keemasan sunrise bener-bener bikin melek! Subhanallah, Allah nyiptain negri ini dengan sangat sempurna :')

Perjalananpun berlanjut.. 07.00 kita mulai naik lagi tanpa bawa carrier, cuma bawa makan-minum cukup dan kamera pastinya. Sayangnya adis ga mau ikut muncak soalnya perutnya sakit, tapi lumayan sih ada yang nungguin dome sama masak makan siang (HAHAHA).

Kurang lebih sejam kita jalan lewat jalur normal yang berkelok-kelok, soalnya kalau lewat jalan motong tracknya terlalu nanjak. Prinsip kita 'Mending jalan terus walaupun agak lama daripada ngetrack dikit trus langsung istirahat karna kecapekan'. Oh iya, aku, latif sama cipuk sempet ketemu burung jalak yang lompat-lompat di depan kita, seolah-olah memimpin jalan. Belakangan aku tau ternyata burung itu emang sering muncul didepan pendaki, mitosnya : niatnya baik buat nunjuk jalan, tapi kalo kita berkali-kali ngusir burung ini kita bisa tersesat ke dimensi metafisik. yaa percaya ga percaya sih, yang berniat kepo lebih lanjut bisa search di google, udah banyak yang mbahas.

Kita isitrahat lagi di Pos 4 'Cokro Suryo' tempatnya bagus banget, tempat paling ideal buat ngecamp sebenernya, luas banget. Buat belasan dome aja muat. Track dari Pos 4 ke puncak bener-bener hosh hosh, nanjak teroooos. Yah namanya juga naik gunung, kalo mau yang enteng2 terus ke pantai aja (sengak). Setelah memforsir kaki buat terus nanjak dan nanjak akhirnya sampailah kita pada POENTJAAAAK!! yuhuuuuuu!

Trus wes tekan puncak malah bingung mau ngapain

Yang pasti foto

Aku kelaperan maksimal, termos air panas yang emang dibawa naik tak buat nyeduh pop mie, sekejap langsung habis, lanjut nyeduh mie sedap goreng. Habis kenyang kita tiduran disamping-samping tugu, sebelas duabelas lah sama anak terlantar.
Perjalanan turun sampe camp kita di pos 3 overall lancar dan cepet. sampe dome kita udah disambut nasi hangat, sop, dan sarden ala chef Adistyan. Adis masak sop cuma pake sendok saudara-saudara, SENDOK. soalnya pisaunya dibawa fian.

Yang agak horror perjalanan turun kita dari Pos 2 kebawah. Inget tempat yang tak bilang kalo siang pasti bagus banget? saya salah saudara-saudara, ternyata disitu horror banget! Suasananya bener-bener suram, gelap karna menjelang magrib dan entah kenapa tiba-tiba saya jadi takut. Nyali menciut dan pindah posisi ke belakang latip dan cipuk (tadinya paling depan). Kita nerusin perjalanan dengan sesekali ngobrol ngalor ngidul, tiba-tiba Latif bilang "disini banyak banget setannya, banyakin dzikir wae"
aaaaaaaaaaaa ibuuuuuuuuuuuk T.T
        Pos 1 kebawah nggak horor tapi entah kenapa menyebalkan. Jalur yang kita prediksi setengah jam sampe ternyata makan waktu jauh jauh lebih lama dari pada waktu kita naik kemarin. Kaki rasanya udah nggak kuat banget buat jalan tapi basecamp nggak kunjung menunjukkan ciri-ciri udah deket. Disini saya mulai banyak ngomel-ngomel dan ngeluh sepanjang jalan.
"ini lampu mana sih lampuuu ga keliatan-keliatan, plis aku pengen liat lampu biar ada secercah harapan"
"sek jelas wes tambah cerak" Kalimat andalane Fian
Didit malah mikir ini kita 'diputer-puterin' ga yaa
Sampai akhirnya kita ketemu beberapa rombongan yang baru naik dan nanya, "Basecamp masih jauh ga mba?"
"emmm lumayan agak jauh"
huffff.
     Sekitar jam setengah 9 kita sampai basecamp juga ((AKHIRNYA)). aku langsung ngetwit
"apa yang lebih nyenengin dari muncak? nyampe basecamp lagi dengan utuh dan selamat" :)