Selasa, 11 Maret 2014

MALANG DARI YOGYAKARTA Part 1

   Mumpung belum lupa-lupa banget, saya mau share tentang perjalanan saya dan temen-temen koas yang ceritanya lagi liburan pindah blok. Personilnya disini ada 11; saya, yuli, isti, tari, ulya, abid, vulus, rahma, fatma, tata, dan yoga.

Stasiun Lempuyangan, ready to gooo


   Kita berangkat kamis, 30 Januari 2014 naik kereta ekonomi Gaya Baru Malam jurusan Surabaya (posisinya waktu itu kita kehabisan tiket kereta yang langsung malang). Ditengah perjalanan Yuli ngobrol-ngobrol sama penumpang lain dan kita diberi saran untuk turun di Jombang dan langsung nyambung bis ke Batu. Setelah dirembug bareng-bareng akhirnya kita setuju buat turun Jombang. sekitar pukul 02.00 kita sampai di stasiun Jombang. Kita nongki2 di situ jadi anak stasiun sampai subuh, sebagai backpacker solekhah kita ga boleh ninggalin sholat dooong :p

   04.30 dari stasiun kita jalan ke arah timur lewat rel menuju bangjo (keliatan kok dari stasiun, lurus ke timur aja pokoknya), disini kita nungguin Bus Puspa Indah yang cuma ada dari jam 03.00 sampai jam 05.00. Bus ini rutenya adalah Jombang-Batu-Malang. Kami turun di areal JTP 1 dan nyambung naik angkot ke penginapan yang sudah kami booking beberapa hari lalu.

   Penginapan kita namanya Griya Sumber Rejeki kalo ga salah, waktu itu saya mau foto plangnya malah ga jadi gara-gara ditelpon ibuk (huhu). Alamatnya di Jl. Oro-oro Ombo jaraknya 250 meter dari BNS dan 400 meter dari Jatim Park II. Penginapannya lumayan recommended, tiga kamar tidur, ruang tv (ada kasurnya juga), sofa panjang, dapur, dan satu kamar mandi yang ada heaternya. ada ekstra bed dan ekstra selimut yang ga usah nambah bayar.

Balkon Villa

Kamar Depan

     Setelah sampai villa kita mandi-mandi nata-nata barang, bobok lagi, bikin teh.. apapun lah suka-suka kita sampe sekitar jam 10an kita turun bareng-bareng buat cari sarapan.
       Surpriseeeee!! di Jatim Park II kita ketemu sama dosen-dosen bagian Oral Medicine yang juga lagi liburan ke Malang, kita langsung salim dan foto-foto (sayangnya fotonya di kameranya dosen semua, belum sempet ngopy).
Foto kita nya aja ya :p
     Disini kita beli tiket terusan buat dua hari, namanya Tiket Sakti. Tiket Sakti ini bisa di pakai buat masuk Jatim Park I, Jatim Park II, Eco Green Park, dan BNS.

Harga Tiket Masuk Jatim Park

    Di hari pertama ini kita memutuskan buat masuk JTP I duluan, karena waktu yang kita punya tinggal setengah hari dan menurut kabar, JTP II lebih bagus dan butuh waktu yang lebih ekstra buat ngelilingin semua. Disini ada angkutan gratis buat pengguna tiket terusan, angkutan ini berhenti di depan JTP II, JTP I dan Eco green park, jadi kita ga perlu lagi susah-susah cari angkot buat ke JTP I.

     Sampai di Jatim Park I Abid sama Yoga langsung cus masjid buat Jum'atan. kita yang cewek-cewek dengan egoisnya masuk duluan (Hahaa). Ga terlalu banyak sih foto-foto disini soalnya emang yang diincer itu wahana-wahana permainannya. Disini kita mulai terbagi -bagi sesuai selera, ada yang sukanya naik wahana-wahana yang bikin pusing, ada yang sukanya yang agak2 selow, bebas lah. saya naik cukup banyak wahana (soalnya ga mau rugi, semuanya harus dicobain :p ). buat detil wahananya pada nggogling sendiri aja banyak kok (blogger malas).


    Setelah capek dan karna JTP I tutupnya juga lumayan cepet, jam 17.00 kita balik ke JTP II naik odong-odong gratisan tadi. Sambil nunggu carteran angkot dateng kita ngisi perut dulu di tempat makan yang berjejer depan JTP 2.

Budget (Januari 2014):
Kereta                 : Rp. 60.000,-/orang (Gaya Baru Malam)
Bis Puspa Indah  : Rp. 15.000,-/orang
Angkot                : Rp. 2000,-/orang
Villa                    : Rp. 500.000,-/malam, weekend (Griya Sumber Rejeki)
Tiket sakti           : Rp. 175.000,- (JTP 1, JTP 2, Eco Green Park, BNS) berlaku 2 hari

Iterinary Perjalanan:
Kamis, 30 Januari 2014
21.00        : Naik kereta Gaya Baru Malam dari Stasiun Lempuyangan Yogyakarta
Jum'at, 31 Januari 2014
02.00        : Turun Stasiun Jombang
04.30        : Naik Bus Puspa Indah dari jalan sebelah timur Stasiun Jombang
07.00        : Sampai di area Jatim Park 1, naik angkot ke penginapan. Mandi, sarapan, beres2
10.30        : Jalan kaki (450 m) ke Jatim Park 2 , beli tiket, naik angkutan wisata ke JTP 1
17.00        : Balik ke area JTP 2, makan
18.00        ; ke Alun-alun Batu, naik angkot carteran
21.00        : Balik penginapan

Kuliner:
Sarapan        : Warteg deket penginapan. Di tepi jalan Raya Oro-oro Ombo namanya 'Bu Wan' harga makanan di sini standar, nasi ayam atau nasi kikil telor harganya Rp. 10.000.

Makan Sore : Di depan Jatim Park 2 cukup banyak warung makan, yang kita pilih adalah yang keliatannya paling gede dan paling banyak menunya, namanya warung Cak Wan. Beberapa mesen nasi goreng gila (8.000) sedangkan saya dan beberapa yang lain mesen nasi rawon (13.000). Sayangnya pesenan kita datengnya lamaaaa banget, laper :(

Makan Malam (area Alun-Alun Batu):
Pos Ketan Legenda
Siapa sih yang ga tau ketan satu ini? Ketan ini superduper hits di Batu. Ketan disini tersedia dengan berbagai macam topping yang bisa kita pilih sesuai selera. Harganya? Murah! mulai dari 5ribu sampai 10 ribu saja.

Ceker Setan
Ceker Setan ini Letaknya persis di sebelah Pos Ketan Legenda. Konsepnya disini adalah ceker yang dimasak hingga empuk dan diberi bumbu pedas yang berlevel-level. buat penggemar pedas rasa ceker ini mantaaaap.

Burger Buto
Burger Buto yang di Batu ini gerainya khusus buat take away, kita mesen dua burger buto ijo telor. Sesuai namanya, Buto ijo look like monster, super gede dan warnanya ijo. Harganya murah banget, cuma Rp. 35.000,- yang bisa dimakan 10 orang.

Ketan Pisang susu, Burger Buto, dan Ceker Setan
Hari selanjutnya bersambung di sini: Batu-Malang Part 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar