Rabu, 15 Maret 2017

TRANSPORTASI DI BANGKOK

BTS Sky Train
BTS Sky Train adalah kereta semacam KRL yang jalurnya ada di atas. Sedangkan MRT adalah kereta cepat yang jalannya di bawah tanah. BTS dan MRT adalah transportasi utama yang melintasi tempat-tempat penting di Bangkok.
Cara membeli tiket BTS Sky Train gampang, kalau kalian mau beli BTS one day pass, tinggal ke loket di stasiun BTS mana aja dan bayar 150 baht.

Kalian akan dapat kartu seperti ini
Tinggal masukkan lewat slot di bawah, nanti kartu akan keluar lagi di bagian atas. Jangan lupa diambil lagi ya, karna harus dimasukkan lagi di pintu keluar.
Untuk tiket BTS yang sekali jalan agak lebih ribet ni, Karena kita harus punya koin buat pakai vending machine nya. Tapi kalau ga punya koin bisa kok dituker di loket petugas.
Caranya, kita tekan dulu stasiun mana yang kita tuju.

Misal kita mau ke Asok, disitu tulisannya 34 kan

Nah, tinggal tekan tombol 34 di mesin ini
Mesin ini cuma menerima koin pecahan 10, 5, dan 1 baht. Koin 2 baht ga bisa masuk. Setelah jumlah koin pas, kartu akan muncul dibawah. Kalau ada kembalian juga akan keluar dibawah. Bedanya dengan BTS one day pass kartu ini akan langsung ditelan mesin waktu kita keluar stasiun BTS.

MRT
Untuk membeli tiket MRT juga bisa pakai vending machine, tapi menurutku lebih simpel beli langsung aja di loket. Nanti kita akan dikasih koin plastik yang di tap waktu masuk dan di masukkan lagi ke mesin waktu kita keluar.
Ini adalah peta BTS & MRT super penting yang harus kalian punya kalau ke bangkok
Nanti di stasiun, tulisan penunjuk arahnya selalu ke arah stasiun terakhir, jadi misal kita berada di stasiun Phaya Thai mau ke Ekkamai, maka kita menunggu kereta di arah yg menunjukkan stasiun Bearing.

ARL (Airport Railway Link)
ARL menghubungkan Bandara Suvarnabhumi dengan pusat kota bangkok. ARL ini persis BTS, jalannya ada di atas, tapi sistem beli tiketnya persis MRT, pakai koin plastik. ARL terletak di B floor bandara suvarnabhumi, beroperasi pukul 06.00 sampai 23.30. Buat yang mau meneruskan perjalanan dengan MRT bisa interchange di stasiun Makksan, dan buat yang mau meneruskan perjalanan dengan BTS, interchange di stasiun Phaya Thai.

Chao Phraya River Boat
Chao Phraya adalah sungai lebar dan panjang yang membelah pusat kota Bangkok. Ada banyak tempat-tempat penting yang lebih mudah dijangkau via sungai ini. Diantaranya adalah 3 wat paling terkenal yaitu Grand Palace, Wat Pho, dan Wat Arun, selain 3 itu ada juga Chinatown, Flower Market, Yodpiman, dll.
Ada banyak jenis kapal di sungai ini, ada yang milik hotel, ada Chao Phraya Cruise, Chao Phraya Tourist Boat dan kapal yg buat angkutan warga biasa, mirip angkot tapi pakai kapal.
Saran saya nih, karna kita turis, lebih enak beli Chao Phraya Tourist boat. Namanya Hop On Hop Boat, kaya gini nih bentuk tiketnya
Dapet Buku Travel Guide
Jadwal kapalnya, sama pas beli tiket cari aja booth dengan lambang kaya gitu
Dengan 150 baht kita bisa turun dimana saja dan naik dimana saja dengan tourist boat ini, trus yg bikin lebih nyaman kita ga campur sama warga yg berangkat sekolah/ngantor. Jalur antrian kapalnya pun beda. Lebih sepi dibanding yang kapal biasa. Buat yang mau lebih hemat lagi bisa sih pakai kapal yang bayarnya per sekali jalan,kalau ga salah setiap naik kapal harganya cuma beberapa belas baht. Tapi ya itu, siap buat antri lebih panjang dan lebih desak2an.
Chao Phraya Tourist Boat
Bus
Aku ga terlalu bisa bahas bus karena jujur selama di Bangkok aku ga pernah sekalipun naik bus kotanya. Padahal katanya naik bus lebih murah daripada BTS/MRT, malahan kalau malam busnya gratis. Pernah sekali aku sama Ulya mau naik bus ke Chinatown, malam jam 8-9an. Tapi bus yang kita tunggu ga datang-datang dan akhirrnya kita memutuskan kembali naik BTS dan MRT 😂.
Tuk-tuk
Ini transportasi yang mirip bajaj. Dan kalau kalian beli kaos khas thailand banyak yg punya desain tuk-tuk. Sebenernya kita awalnya ga mau sama sekali naik tuk-tuk karena banyaaak baanget yg nulis di blog mereka, ketipu sama supir tuk-tuk. Di mahalin atau disasarin ke tempat yg bukan kita minta. Tapi waktu di Chinatown posisi udah malem dan stasiun MRT Hua lamphong lumayan jauh dari situ, mau ga mau kita harus naik tuk-tuk. Kita pilih2 supir yg kira2 baik. Dan pastikan tanyakan dulu tarifnya sebelum naik. waktu itu kita dapet harga 50 baht perorang, artinya 100 baht sekali jalan rute dekat. Dan tuk tuk kita ini jalannya sereem, karna super ngebut. Kata Ulya kaya naik Banana Boat 😂😂😂
Pak Supir tuk tuk
 Postingan terkait: TIPS TRAVELING KE BANGKOK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar